Asal-usul Janda Bolong yang Tengah Jadi Buruan Banyak Orang

Asal-usul Janda Bolong yang Tengah Jadi Buruan Banyak Orang – Tanaman janda bolong atau Monstera adansonii sedang jadi incaran masyarakat, khususnya pehobi tanaman hias. Saking ramainya, tanaman ini sanggup dihargai meraih Rp 95 juta sampai Rp 100 juta. Janda bolong disebut miliki pesona tersendiri dibandingkan tanaman hias lainnya. Varietas baru dari janda bolong beroleh harga yang mengagumkan gara-gara miliki warna menarik yakni putih dan hijau didalam satu daun.

Asal-usul Janda Bolong yang Tengah Jadi Buruan Banyak Orang

asal-usul-janda-bolong-yang-tengah-jadi-buruan-banyak-orang

my-confession.net – Lantas layaknya apa asal usul tanaman janda bolong tersebut? Peneliti Muda Bidang Botani Pusat Penelitian Biologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Ina Erlinawati mengatakan, tanaman janda bolong bukanlah asli dari Indonesia. “Sebenarnya tanaman ini bukan asli Indonesia, tetapi dari Amerika. Tetapi, memang mempunyai kekuatan tarik tersendiri gara-gara wujud daunnya yang unik, ada lubang-lubang di sedang daunnya dan perawatannya termasuk relatif mudah,”

Selain di negara-negara Amerika Selatan, tanaman ini termasuk sanggup ditemukan di Hindia Barat di pulau-pulau seperti, Antigua, Grenada, Saba, St Kitts, Guadeloupe, Maire Galante, Dominika, Martinik, St Lucia, St Vincent, Tobago, dan Trinidad.

Julukan ini diberikan, gara-gara wujud daun Monstera adansonii berlubang menyerupai keju Swiss. Janda bolong diketahui mudah tumbuh dan hidup merambat layaknya di tiang atau teralis. Ini termasuk termasuk tanaman tropis di mana ia sanggup tumbuh meraih 60 kaki atau kurang lebih 18,2 meter.

Terkait warna daun yang unik, Ina menyatakan bahwa janda bolong yang miliki warna daun putih-hijau merupakan satu jenis Monstera, tetapi tidak sama variasi. “Biasanya ada yang memang alami (warna daunnya) layaknya itu. Makanya jadi varietas tersendiri. Kalau merupakan hasil silangan nama jenisnya jadi berubah, ada sinyal ‘x’ di sedang nama jenis a dan b,” ujar Ina. Menurutnya, persilangan tanaman ini bisanya dikerjakan terhadap bunga anggrek. “Kalau sampai beda jenis, kebanyakan ada bagian generatif atau perbuangannya yang tidak sama mirip sekali. Kalau cuma beda di bagian vegetatif layaknya warna daun, tetapi bunganya mirip persis, masih selamanya satu jenis, cuma beda variasi saja,” lanjut dia.

Manfaat lain

Tidak cuma unik sebagai tanaman hias, janda bolong termasuk miliki faedah lain. Ina mengatakan, di luar negeri, batang janda bolong sanggup dimanfaatkan untuk serat, gara-gara berwujud kuat. Adapun jenis monstera yang mempunyai serat kuat yakni Monstera deliciosa.

Tidak cuma miliki serat kuat, tanaman ini miliki ukuran yang mirip besar layaknya jenis monstera lain terhadap umumnya, buah tanaman ini berwujud edible yang rasanya paduan dari rasa pisang dan nanas. Terkait perawatan, Ina mengungkapkan, tidak sulit memelihara tanaman janda bolong. “Mudah perawatannya, asalkan jangan terkena cahaya matahari berlebih dan air termasuk secukupnya, aman,” imbuh dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *